Aneka Pengaruh Kopi untuk Tubuh

Tak dapat dipungkiri, kopi memang dapat membuat kita terus melek alias siaga. Selain itu, apa lagi ya fungsinya buat tubuh?

Kopi Sebagai Perangsang
Asal tahu saja, kopi dan kafein tergolong „obat” perangsang, lho! Tidak percaya? Coba saja rasakan sendiri bagaimana Anda akan merasa lebih “hidup” setelah minum kopi. Mestinya Anda tahu juga, jika kebanyakan minum kopi akan membuat Anda mudah gugup atau malah jadi gampang marah.

Lantaran tergolong zat perangsang, kopi juga bisa mengacaukan jadwal tidur Anda. Bila Anda sulit tidur di malam hari, cobalah untuk mengurangi porsi kopi. Atau buatlah kesepakatan dengan diri sendiri, lewat tengah hari pilihlah air putih atau kopi yang tidak mengandung kafein (decaf) untuk diminum.

Pengaruh Kopi Pada Sistem Pencernaan
Kopi sebetulnya memiliki kandungan zat asam cukup tinggi, terutama bila dinikmati dalam bentuk biji kopi yang dibakar, seperti dilakukan orang-orang Kenya atau Ethiopia. Itulah sebabnya bila Anda minum kopi terlalu banyak saat perut kosong, Anda sering merasa kembung, kan? Ini sebetulnya merupakan reaksi tubuh yang mengisyaratkan adanya ketidakberesan dalam sistem pencernaan.

Kandungan kafein dan zat asam dalam kopi juga bisa mendatangkan masalah bagi mereka yang rentan menderita infeksi usus atau masg. Makanya, bila kopi dianggap lebih banyak mudaratnya ketimbang manfaatnya, cobalah beralih ke air, teh herbal, atau setidaknya campurkan kopi dengan susu untuk menetralisasi kandungan kafein dan asam yang dapat mengiritasi lambung.

Kopi & Antioksidan
Bisa dibilang orang Amerika Utara-lah yang menemukan kopi sebagai sumber antioksidan yang pertama. Antioksidan adalah komponen esensial yang mampu memerangi atau menetralisasi radikal bebas yang amat berpotensi merusak sel-sel tubuh dan memicu tumbuhnya sel-sel penyebab kanker.

Berbagai penelitian menunjukkan, mengonsumsi kopi dapat menurunkan risiko penyebaran kanker liver dan tenggorokan, diabetes tipe 2, penyakit Alzheimer dan Parkinson, serta kanker kerongkongan.

Kopi & Kemampuan Kognitif
Kopi merupakan dewa penolong di saat belajar atau lembur malam hari, yang membuat Anda tak mudah mengantuk. Mengonsumsi kopi secara teratur ternyata dapat meningkatkan kemampuan kognitif Anda.

Penelitian baru-baru ini pun menunjukkan, bila para sukarelawan yang secara teratur minum kopi setidaknya 1-2 cangkir kopi sehari memiliki skor lebih tinggi pada kemampuan mengingat kembali memori jangka pendeknya. Begitu juga kemampuan spasial, kemampuan logika, maupun tes IQ secara umum.

Kopi Untuk Diet
Seperti telah disebutkan di atas, kopi tergolong zat perangsang. Ini artinya setiap cecapan kafein akan memberi “tendangan” lebih pada sistem metabolisme. Dengan kata lain, Anda memperoleh energi tambahan tanpa harus memasukkan sejumlah kalori dari makanan lain. Coba deh, sesekali perhatikan komposisi sejumlah tablet diet atau penurun berat badan. Anda pasti akan menemukan, komposisi utama tablet-tablet tadi tak lain adalah kafein.

Kopi & Gigi
Seharusnya Anda berterima kasih kepada kopi, karena senyawa asam yang terkandung di dalam kopi dapat mengurangi peluang terjadinya gigi berlubang, lho! Hanya saja, kopi akan membuat warna gigi putih Anda menjadi tampak buram. Nah, agar gigi tetap putih cemerlang, segeralah minum sebotol air putih begitu Anda usai menikmati secangkir kopi. Jangan lupa pula, untuk menyikat gigi setidaknya 2-3 kali sehari, agar gigi cling kembali!

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: