Selamat Datang di Dunia Koass

100_0181Baru-baru ini saya ngobrol dengan seorang adik yang bercerita tentang betapa resah dan rusuh teman-teman seangkatannya saat akan memasuki dunia koass. Mendengarkan ceritanya, saya bisa memahami perasaan teman-temannya itu. Toh dulu juga saya begitu, pernah mengalami ‘keresahan’ dan ‘kerusuhan’ itu dalam taraf tertentu.

Nah, syukur alhamdulillah saya bisa menjalaninya……  Tidak sedikit yang menyatakan bahwa masa koas adalah masa paling berkesan dalam lembaran hidup mereka. Saya sendiri merasa bahwa masa koas saya jauh lebih baik daripada masa kuliah saya…..banyak kenangan uy….hehehehee…..

Jadi apa resepnya dong???

Sederhana. Milikilah sikap mental positif dan sense of humor. Sikap yang pertama mendorong saya untuk bertindak dan menghapus keraguan. Yang kedua adalah membuat saya mampu menertawakan kegagalan dan memaafkan diri saya sendiri.

Sekarang semuanya terserah anda. Mau menjalani masa 2 tahun seperti apa? Kalau anda ingin 2 tahun itu berlalu tanpa masalah, saya jamin hal itu tidak akan terjadi. Tapi kalau anda ingin menjalani masa 2 tahun yang menyenangkan, menambah ilmu dan wawasan, meningkatkan empati, dan memperkaya pengalaman anda, mulailah persiapkan diri anda dari sekarang.

Tapi apa yang harus dipersiapkan? Dulu saya berharap andai saja ada orang yang membantu saya mempersiapkan terlebih dahulu. Tapi tidak ada. Semua kakak koas yang saya tanya menjawab: “Nanti juga kamu mengalami koq, jalani dan nikmati saja”. Dari satu sudut pandang saya kira pernyataan itu memang benar. Tapi bukankah sedikit persiapan akan lebih bermaanfaat?

Akhirnya, saya hanya mengucapkan”Bismillah!” ayo maju, dan alhamdulillah, semua bisa saya jalani. Selama perjalanan itu, saya mencatat hal-hal yang saya kira bisa saya persiapkan terlebih dahulu. Semua persiapan ini saya rangkum dalam beberapa tulisan.

Persiapan-persiapan itu saya bagi menjadi persiapan teknis dan non teknis. Persiapan teknis meliputi barang-barang yang harus anda miliki dan hal-hal yang harus anda lakukan terlebih dahulu sebelum memasuki masa koas. Sedangkan persiapan non teknis meliputi beberapa “peraturan tak tertulis”, situasi yang akan sering dihadapi, dan bagaimana menyikapinya. Seharusnya persiapan-persiapan ini diajarkan pada saat masa pra ko-ass. Semoga tulisan ini dapat menjadi masukan berguna untuk fakultas dalam merancang masa prakoass selanjutnya..

Saya yakin apa yang saya tulis tidak akan sempurna. Artinya, setiap saran, kritik dan masukan akan sangat berharga untuk dapat menyempurnakan tulisan ini. Semua ini tidak lain ditujukan untuk kebaikan kita semua juga.

Selamat bersiap-siap, dan nikmati perjalanan anda!…welcome to the jungle men…….

jack

Satu Tanggapan

  1. iya nih mas, saya juga awalnya sebelum berangkat koas kepikirannya yg aneh2.
    tapi setelah dijalani,,,oooo,,begini ya,,,,
    jalani aja,,,dan cari lah ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: