Apa Yang Dikerjakan Koass di Rumah Sakit?

Apa sih yang dikerjakan kaum koass di rumah sakit? Umumnya tugas seorang koass adalah melakukan wawancara/anamnesis, pemeriksaan fisik, mengajukan usul terapi dan penatalaksanaan pasien kepada dokter supervisornya sampai dengan melakukan follow up pasien selama dirawat di ruang bangsal dalam bentuk pembuatan status rekam medik dan status dokter muda. Selain itu setiap koass juga diwajibkan mengikuti visite yang dilakukan oleh dokter di bagian tempatnya stase, kemudian juga diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ilmiah. Koass juga membuat referat atau makalah tinjauan kepustakaan dan laporan kasus sebagai syarat untuk dapat mengikuti evaluasi atau ujian di Bagian tersebut. Kapan kegiatan koass berlangsung?. Gak ada istilah hari libur dalam kamusnya koass. Kegiatan koass berlangsung setiap hari mulai dari pagi hari pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00 siang, namun apabila berbarengan dengan jadwal jaga malam, maka koass harus tetap berada di lingkungan rumah sakit dan baru bisa pulang ke rumah pada besok siangnya.  Berapa kali jumlah jaga malam yang dilakukan setiap koass di Rumah sakit? Umumnya tiap-tiap bagian memiliki kebijakan masing-masing dalam hal frekuensi jaga malam selama seminggu, namun adapula beberapa bagian yang tidak ada jaga malam. Ada pula yang membagi jadwal jaga satu orang koass untuk sekali jaga, namun ada juga yang jadwal jaganya dibagi per group kecil. Kurang tidur adalah hal yang biasa bagi para koass, dan tentunya hal ini pastinya sudah sering dihadapi para mahasiswa kedokteran sebelum menjadi koass. Jadi masalah begadang, kayaknya mahasiswa FK tak perlu khawatir lagi, karena sudah mampu beradaptasi.Hehehe. Mungkin segini dulu gambaran singkat tentang kehidupan koass. Jangan lupa baca lagi tulisan selanjutnya.. Tinggalkan komentar kalian setelah membaca tulisan ini ya…

Jack cole kesuma

Iklan

3 Tanggapan

  1. saudara jack bnr sekali…kepada para koass kurang tdr malah tidak tidur itu adalah hal biasa…dan hal ini akan terus berlanjut hingga kita sdh menjadi dokter bahkan konsulen sekalipun…krn prosfesi dokter hr s siap sedia selama 24 jam…itulah kenyataannya di negara kita…
    bkn berarti krg tdr yg disampaikan sodara jack diatas kita akan cpt lelah ato cpt sakit…nah tgs dr kita sendiri kita hrs tetap fit dan selalu bs memberikan senyuman kepada pasien…utk tetap fit dan seger yah itu mgkn ts2 dan para koas dah dianggap bs menanggulanginya….

  2. satu hal yg musti diingat. jangan terpaku pada teori aja dan melupakan empati dan alam nyata yaa. Maksud gue, wajib tau berbagai teori tentang apa dan kenapa Hb 3 tapi jangan lupakan apa yg dirasakan oleh pasien Hb 3 , bgmana dia bisa mengusahakan dana utk tranfusi atau bgmana lo mesti bilang ke keluarga kalo anak satu2nya yg Hb 3 menderita leukemia akut. Hb 3 not just a number but also a person, a family, or a destroyed dream….

  3. duh…… jadi keinget jaman koas kemaren…
    kalo yang namanya koas besar udah………. nggak usah ngarep tidurnya cukup……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: