Apa Yang Dikerjakan Koass di Rumah Sakit?

Apa sih yang dikerjakan kaum koass di rumah sakit? Umumnya tugas seorang koass adalah melakukan wawancara/anamnesis, pemeriksaan fisik, mengajukan usul terapi dan penatalaksanaan pasien kepada dokter supervisornya sampai dengan melakukan follow up pasien selama dirawat di ruang bangsal dalam bentuk pembuatan status rekam medik dan status dokter muda. Selain itu setiap koass juga diwajibkan mengikuti visite yang dilakukan oleh dokter di bagian tempatnya stase, kemudian juga diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ilmiah. Koass juga membuat referat atau makalah tinjauan kepustakaan dan laporan kasus sebagai syarat untuk dapat mengikuti evaluasi atau ujian di Bagian tersebut. Kapan kegiatan koass berlangsung?. Gak ada istilah hari libur dalam kamusnya koass. Kegiatan koass berlangsung setiap hari mulai dari pagi hari pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00 siang, namun apabila berbarengan dengan jadwal jaga malam, maka koass harus tetap berada di lingkungan rumah sakit dan baru bisa pulang ke rumah pada besok siangnya.  Berapa kali jumlah jaga malam yang dilakukan setiap koass di Rumah sakit? Umumnya tiap-tiap bagian memiliki kebijakan masing-masing dalam hal frekuensi jaga malam selama seminggu, namun adapula beberapa bagian yang tidak ada jaga malam. Ada pula yang membagi jadwal jaga satu orang koass untuk sekali jaga, namun ada juga yang jadwal jaganya dibagi per group kecil. Kurang tidur adalah hal yang biasa bagi para koass, dan tentunya hal ini pastinya sudah sering dihadapi para mahasiswa kedokteran sebelum menjadi koass. Jadi masalah begadang, kayaknya mahasiswa FK tak perlu khawatir lagi, karena sudah mampu beradaptasi.Hehehe. Mungkin segini dulu gambaran singkat tentang kehidupan koass. Jangan lupa baca lagi tulisan selanjutnya.. Tinggalkan komentar kalian setelah membaca tulisan ini ya…

Jack cole kesuma

Ga’ Sereeeemmm

hantuJanji dulu ya.. kalo udah selesai membaca postingan ini, wajib kasih komentar,, klo mau bisulan…..

Alkisah, sejak zamannya Fir’aun ngejomblo sampe sekarang udah jelas banget yang namanya rumah sakit, pasti disana banyak banget ditemui orang yang sakit. Ya iyalah, kalo rumah makan, pasti banyak orang yang makan dong?!?., di postingan kali ini saya ingin sedikit bercerita tentang kisah seram di rumah sakit pendidikan kami.

Kisah seram mungkin hampir selalu ada di setiap RS. Ada yang berasal dari bangsal pasien, ruangan koass, VK, OK 4,lorong RS, deket pohon gede (jade,agate), sampai dokter yang seram (punteun dok) , yang terakhir maksudnya dokter yang sering marah-marah gak jelas sama para koass. Huehehe..di garut mah ga ada ko…bageur2, kasep2 konsulen na mah….. Baca lebih lanjut

Jas Putih…..riwayat mu kini….

Jas putih = dokter
Benarkah? Coba baca tulisan ini sampai habis..

Sejak zaman dahulu kala, profesi pengobat/penyembuh alias healer dalam sebuah kebudayaan menempati posisi tersendiri dalam masyarakat. Seringkali posisi tersebut makin tinggi akibat merangkapnya profesi pengobat dengan petinggi agama. Posisi tersebut tentu saja membutuhkan sebuah ciri identitas yang membedakan dirinya dengan anggota masyarakat yang lain.

Bagaimana caranya? Pakai kostum yang berbeda.
Ini beberapa contoh yang saya dapat dari berbagai kebudayaan suku asli Amerika.

Riwayat Jas Putih Baca lebih lanjut

Selamat Datang di Dunia Koass

100_0181Baru-baru ini saya ngobrol dengan seorang adik yang bercerita tentang betapa resah dan rusuh teman-teman seangkatannya saat akan memasuki dunia koass. Mendengarkan ceritanya, saya bisa memahami perasaan teman-temannya itu. Toh dulu juga saya begitu, pernah mengalami ‘keresahan’ dan ‘kerusuhan’ itu dalam taraf tertentu.

Nah, syukur alhamdulillah saya bisa menjalaninya……  Tidak sedikit yang menyatakan bahwa masa koas adalah masa paling berkesan dalam lembaran hidup mereka. Saya sendiri merasa bahwa masa koas saya jauh lebih baik daripada masa kuliah saya…..banyak kenangan uy….hehehehee…..

Jadi apa resepnya dong??? Baca lebih lanjut

Apa kabar anak anak FK,,? kok kita ga saling kenal,,?

Hohohohoh,, satu lagi masalah di FK yang mulai kerasa itu ga saling kenal antar angkatannya,, kalo satu angkatan ke atas atau ke bawah, wajib kenal sih ya,, tapi gimana harusnya kita bersikap dengan sesama calon teman sejawat kita yang lain,, contohnya sama senior atau sama junior yang jauh di bawah kita angkatannya,, (contohnya, 2001 dan 2006,, edan juga, lumayan jauh,, 5 taun!!) sebenernya contoh itu terlalu ekstrim, masalahnya bahkan kadang kadang angkatan yang ga sejauh 2001, kaya angkatan 2003,, hampir ga ada yang saling kenal,, boro boro saling kenal, selewatan aja ngga senyum,, (ato saling ga tau kalo sama sama anak FK??) dan kita ga bisa maen salah salahin aja,, entah adek tingkatnya yang sombong ga mau nyapa atau kakak tingkatnya yang jual mahal dan pasang tampang serem,, bahaya,, ^^

respect each other,,


Pengennya sih semua bisa saling kenal, ga yang kenal semua gitu, asal saling tau aja,, kan lebih enak dan kesan kekeluargaan dan ke-teman sejawat-annya lebih kerasa,, pengennya sih,, ayo!!! saling menyapa!!

Tipe2 laki-laki berdasarkan tipe kencing

Lelaki biasa :Masuk ke toilet, ternyata penuh, keluar lagi dan kencing di balik pohon.


Lelaki gaul : Selalu ikut teman²nya ke toilet walaupun ia tidak ingin buang air kecil.

Lelaki pemalu : Jika merasa dilihat atau dilirik orang lain, air kencingnya tidak keluar, tapi pura-pura menyiram, keluar, lalu kembali lagi kemudian.


Lelaki suka melamun : Membuka rompi, mengeluarkan dasinya, lalu kencing di celana.

Lelaki efisien : Meskipun sudah waktunya kencing, tapi ditahan dulu sampai kebelet buang air besar, baru kemudian melakukan keduanya dalam satu waktu.

Lelaki pemabuk : Jempol kiri dipegang dengan tangan kanan, lalu kencing di celana.

Lelaki palsu : Kencing di toilet cewek!

Lelaki pelit : Kalau beol di WC umum ngakunya kencing (biar bayar murah)


Lelaki malu-malu-in :
Kencing di celana.

Lelaki edan : Makai celana yang abis dikencingin.


Lelaki sarap : Pakai celana yang habis dikencingin tapi dicium dulu barangkali baunya sudah jadi bau duren..
Lelaki kreatif : Kalau kencing kakinya diangkat satu…

Lelaki irit : Kagak pernah kencing seumur umur.

Lelaki nekad : Suka ngencingi bini tetangga.

Lelaki funky : Kencing di tempat umum.

Lelaki sial : maunya kencing air yang keluar batu

Lelaki Enjoying : Kencing sambil merem-melek

Lelaki Hemat waktu : Cuma Buka resleting, dikeluarin terus langsung kencing

Lelaki moody : biasa pake’ pampers … hehehe

Lelaki kurang ajar : lagi kencing ..eh kentut..pura-pura cuek lagi!

Lelaki buta huruf : Di toilet sudah ada tulisan rusak masih dikencingin juga

Lelaki turunan kucing : gak bisa liat barang baru, diendus-endus trus dikencingin

Lelaki sabar : Nungguin air cebok gak keluar-keluar, manteeng aja di urinoir

Lelaki hiphop : Kencing sambil kejang-kejang breakdance.

Lelaki pembenci : Sesudah kencing trus ngeludahin kencingnya

Lelaki ramah : Ngajak ngobrol sambil kencing, sampe temennya gak bisa kencing

Lelaki percaya diri : Sudah kencing, anunya dibawa jalan-jalan ke wastafel mo cebok


Lelaki pelupa : Sudah kencing, keluar wc, buru-buru balik lagi, karena masih pingin kencing beberapa tetes lagi
Lelaki dermawan : kencing gak keluar tapi tetep bayar uang.

Crocodile sindrom…(lanjutan)

eka1

definisi

CS merupakan kelainan kongenital dan akuisital pada setiap laki-laki dan mungkin akan berlangsung seumur hidupnya. ……

etiologi

  • kuman Staphylosexus ah’uh’terus
  • Strepteasesexus vaginalis

epidemiologi Baca lebih lanjut